Pernikahan adalah ibadah yang mulia, namun juga tanggung jawab besar. Pernikahan bukan sekadar perayaan cinta, melainkan sebuah komitmen seumur hidup untuk saling melengkapi dan membangun keluarga sakinah mawaddah warahmah.

 

Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa pernikahan terasa begitu menakutkan? Salah satu jawabannya adalah ketika kita memilih pasangan hidup yang tidak sesuai dengan kriteria yang telah Allah tetapkan. Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda,

 

“Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka pilihlah wanita yang beragama, niscaya kamu akan beruntung.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Hadis ini mengajarkan kita bahwa agama adalah faktor yang paling utama dalam memilih pasangan hidup. Seorang wanita yang beriman akan senantiasa mengingatkan suaminya untuk mendekatkan diri kepada Allah, menjalankan perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya.

 

Mengapa agama begitu penting? Karena agama adalah pondasi dari sebuah rumah tangga. Seorang suami yang sholeh akan menjadi imam bagi keluarganya, memimpin mereka dalam kebaikan dan ketaatan kepada Allah. Ia akan menjadi pelindung dan penyejuk hati bagi istri dan anak-anaknya.

 

Sebagai seorang muslimah, janganlah kita terlena oleh keindahan duniawi. Janganlah kita terbuai oleh janji-janji manis seorang pria yang belum tentu bisa menjamin kebahagiaan kita di dunia dan akhirat. Ingatlah firman Allah Subhanahu Wata’ala dalam Surat An-Nisa ayat 1:

 

“Wahai manusia, bertakwalah kepada Rabbmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan daripadanya Allah menciptakan pasangannya, dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (nama) Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu mengawasi kamu.”

Ayat ini mengingatkan kita bahwa pernikahan adalah sunnatullah yang indah. Namun, kita harus memilih pasangan hidup dengan bijak dan penuh pertimbangan. Jangan sampai kita salah langkah, karena pernikahan adalah keputusan seumur hidup.

Wahai muslimah, janganlah kamu menurunkan standar kriteriamu. Pilihlah dia yang terbaik untukmu, yang bisa membimbingmu dalam kebaikan, yang bisa menjadi sahabat sejati dalam suka dan duka. Karena sesungguhnya, kebahagiaan sejati hanya bisa kita dapatkan dengan ridha Allah.

Banner Content

0 Comments

Leave a Comment